Mengapa Programmer Harus Menggunakan Framework (CodeIgniter atau Yii)


Framework secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah perpustakaan yang berisi kumpulan fungsi / prosedur dan kelas untuk tujuan tertentu yang siap untuk digunakan sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programmer, tanpa harus membuat fungsi atau kelas.

Keuntungan menggunakan framework adalah:


  • Memberikan struktur yang baik dalam program. Kita dapat membuat program lebih terstruktur, mudah untuk mengelola, mudah untuk dikembangkan.
  • Dengan belajar framework berarti kita harus menyesuaikan cara orang bekerja sesuai dengan gaya framework yang dipakai. Tapi dari perspektif lain, dengan mempelajari framework, kita dapat menambah wawasan yang dapat meningkatkan kinerja.
  • Dengan framework, pengerjakan bisa lebih cepat. Dalam aplikasi web, pasti banyak pekerjaan yang sama dilakukan pada setiap aplikasi yang kita buat (misalnya, menghasilkan halaman, akses database, tabel display, mencari, paging, URL management, login, reset password, kontrol akses, dll).
  • Meningkatkan keamanan. Framework yang dibuat oleh orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Dengan pengalamannya, ditambah kontribusi dari pengguna framework, akan meningkatkan aplikasi kualitas dan keamanan.

Mengapa menggunakan CodeIgniter:

CodeIgniter adalah Application Development Framework adalah toolkit yang cocok untuk programmer pemula untuk membangun sebuah website menggunakan PHP. Tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan mengembangkan proyek-proyek jauh lebih cepat daripada jika menulis kode dari awal.

CodeIgniter (CI) juga memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan Framework PHP lain. seperti:


1. Kinerja sangat cepat.
CodeIgniter sangat cepat tapi bahkan dapat dianggap sebagai framework yang jauh lebih cepat daripada framework lainnya.

2. Konfigurasi sangat minimal (hampir nol konfigurasi) .
Biasanya kita perlu menyesuaikan database dan jalur routing dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti database.php atau autoload.php. Tetapi untuk menggunakan CodeIgniter dengan pengaturan standar, Anda hanya perlu mengubah beberapa file dalam folder config.

3. Dukungan Komunitas.
CI telah lama beredar di komunitas programmer. Bahkan di masa jayanya sekitar tahun 2011. Meskipun sekarang muncul framework dari lain. Forum EllisLab, Inc. sebaginya contoh, forum dimana kita dapat lebih mudah berinteraksi dengan orang-orang yang lebih tahu.

4. Dokumentasi lengkap.
Setiap paket instalasi pengguna CodeIgniter disertai dan dilengkapi dengan baik.

5. Menggunakan pola MVC.
Dengan menggunakan MVC (Model-View-Controller), kode menjadi lebih terstruktur dan memiliki standar yang jelas.

Mengapa menggunakan Yii

1. Yii adalah framework yang menggunakan PDO.
PDO bekerja dengan menciptakan abstraksi akses database yang kita sebagai programmer tidak memiliki terlalu banyak berpikir tentang kompatibilitas dengan database. ada kemudahan bagi kita untuk dapat lebih mudah jika ingin beralih database.

2. Yii adalah framework full OOP .
Dalam mengelola kode, kita dapat diklasifikasikan fungsi ke dalam kelas, untuk memodifikasi program yang lebih baik, program ini dapat lebih rapi dan mudah dibaca. karena sebagian besar programmer belum menguasai OOP dengan benar.

3. Model Yii menggunakan MVC (model tampilan controller).

MVC kita dapat terstruktur dalam membuat aplikasi kita. kita tidak perlu membuat banyak file dalam direktori root dari aplikasi kita (misalnya. login.php, index.php, cekstatus.php, displayuser.php, dll).

4. Yii memiliki lisensi BSD.
Lisensi BSD, bukan GPL, lisensi BSD tidak mengharuskan kita untuk memberikan kode sumber dari aplikasi kita.

5. Yii memiliki kode generator (gii).
gii mampu menghasilkan kode dan kemudian dimodifikasi. Kita hanya memasukkan nama tabel, membuat beberapa klik, dan gii akan segera membuat model, tampilan, dan controller untuk kita. Menarik bukan? tapi untuk memodifikasi model, tampilan, kontroler, harus tahu OOP.

6. Yii memiliki komponen untuk memeriksa masukan.
ini juga fitur yang baik dan berguna untuk keamanan. jika kita membuat form, biasanya kita tidak memiliki fungsi untuk memeriksa masukan. yaitu kita harus memeriksa bahwa karakter input, atau angka, atau memiliki format tanggal. tetapi dalam yii, cek yang sudah terintegrasi dan otomatis dengan gii.

Itulah alasan mengapa programmer harus menggunakan framework, kita bebas memilih framework yang kita sukai..
Mengapa Programmer Harus Menggunakan Framework (CodeIgniter atau Yii) Mengapa Programmer Harus Menggunakan Framework (CodeIgniter atau Yii) Reviewed by liantonie on 07:12 Rating: 5
Powered by Blogger.